Jasa pengiriman mobil seluruh Indonesia terbaik, berpengalaman, terpercaya, aman dan nyaman. Dapatkan kupon diskonnya

Dapatkan Kupon Diskon setiap pengiriman mobil dan alat berat melalui PT. CANNONex Indonesia KLIK DISINI

Tips Memilih Jasa Cargo Pengiriman Mobil Terbaik

cargo pengiriman
Tips memilih jasa cargo - Jika kita akan mengirim barang apalagi barang tersebut merupakan barang yang besar misalnya akan kirim mobil, motor atau perabotan rumah tangga yang besar, kita pasti akan membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman barang atau cargo. Kita akan dihadapkan oleh beberapa pilihan jasa ekspedisi yang terkadang cukup membingungkan.

Banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum menentukan pilihan jasa ekspedisi mana yang akan kita pakai, apalagi bila barang yang akan kita kirim itu mempunyai nilai harga yang mahal, misalnya mau kirim mobil yang merupakan mobil mewah, kita pasti akan memilih penyedia jasa cargo yang terpercaya dan sudah sangat berpengalaman.

Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebelumnya adalah menyangkut pelayanan, harga, ketepatan waktu pengantaran, jenis transportasi, dan sebagainya. Bagi orang yang belum pernah menyewa jasa ekspedisi mungkin akan kebingungan untuk menentukan pilihan, padahal sebenarnya mudah jika kita mengetahui caranya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa cargo.

1. Ketepatan Waktu Pengantaran dan Pengiriman


Ketepatan waktu pengantaran adalah salah satu hal yang paling penting dalam memilih jasa ekspedisi atau kargo. Ketepatan waktu sangat dipengaruhi oleh moda transportasinya. Urutan transportasi terbaik berdasarkan ketepatan waktu adalah sebagai berikut :

Transportasi via udara atau pesawat terbang
Ada perusahaan jasa ekspedisi / kargo yang memang mengkhususkan diri untuk memberikan pelayanan menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen-momen liburan seperti Lebaran, Tahun Baru dan Natal. Karena pada situasi peak season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo. Jasa ekspedisi yang menggunakan transportasi via udara ini mempunyai tarif yang paling mahal.

Transportasi via kereta express
Perusahaan jasa kargo yang mengkhususkan diri untuk melakukan pengiriman lewat kereta express (misalnya menggunakan kereta Argo Anggrek dan Kereta Express Bima) mempunyai ketepatan waktu pengantaran cukup dapat dipercaya dan diandalkan, karena ketepatan jadwal kereta ekspress selama ini cukup bagus dan tepat waktu. Kereta yang digunakan merupakan kereta ekspress untuk penumpang yang ada gerbong barang di belakang. Transportasi jenis ini sangat dapat diandalkan untuk ketepatan waktunya, kecuali jika terjadi kecelakaan atau force major bisa dipastikan akan terjadi keterlambatan.

Transportasi via Kereta Parcel (kereta barang)
Transportasi jenis ini sebenarnya sama dengan kereta ekspress, hanya bedanya adalah kereta ini tidak ada gerbong penumpangnya dan seluruh gerbongnya adalah gerbong barang. Untuk kelemahannya hampir mirip dengan kereta express.

Transportasi via truk, sering disebut sebagai trucking
Perusahaan jasa cargo yang memanfaatkan jasa truk untuk pengiriman barang ini mempunyai performa ketepatan waktu yang kurang bagus, karena sangat tergantung oleh man power (sopir), armada truk, dan kondisi atau kepadatan jalan raya.

Transportasi via kapal kargo
Perusahaan ekspedisi yang menggunakan jasa transportasi kapal cargo atau disebut juga menggunakan kontainer memiliki kecepatan dan ketepatan waktu adalah paling rendah. Transportasi jenis ini memiliki tarif pengiriman yang paling murah, dibandingkan ke empat jenis transportasi di atas.

2. Garansi dan Asuransi


Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa cargo sebaiknya meminta keterangan tentang garansi yang  diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Hubungilah bagian customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :

Garansi ketepatan waktu
Mintalah penjelasan apakah perusahaan jasa cargo bisa memberikan garansi yang berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan biaya kirim.

Garansi barang rusak atau hilang (Asuransi)
Hal ini adalah sangat penting, mintalah keterangan yang sejelas-jelasnya mengenai garansi ini. Tanyakanlah bagaimana cara pihak perusahaan akan memberikan garansi ini jika terjadi barang rusak atau hilang, jangan sampai pelanggan dirugikan karena biasanya pelanggan berada pada pihak yang lemah.

Garansi uang kembali, apabila barang hilang atau terlambat
Walaupun sangat jarang namun ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem ini untuk menarik pelanggan. Hal ini tentunya sangat bagus, sebagai jalan tengah antara pelanggan dan penyedia jasa cargo. Tanyakanlah kepada customer service sebelum order pengiriman barang mengenai garansi ini.

Garansi penghantaran ketika hari libur
Ada beberapa perusahaan penyedia jasa ekspedisi atau cargo yang bisa melakukan pengantaran ketika hari libur. Biasanya perusahaan cargo menarik biaya lebih, sebagai konsekuensi kerja di hari libur.

3. Service / Pelayanan


Ada hal lain yang perlu dipahami oleh pelanggan menyangkut service dan teknis pengiriman barang, di antaranya adalah sebagai berikut:

Door to door
Jenis layanan cargo yang pihak perusahaan datang ke tempat pelanggan untuk mengambil barang ( pick up ) yang akan dikirim untuk diteruskan ke kota tujuan dan diantar ( delivery ) sampai ke alamat tujuan. Jenis layanan ini sangat memanjakan pelanggan karena tidak perlu repot-repot mengantarkan barangnya ke tempat perwakilan perusahaan dan hanya order lewat telpon atau internet. Jenis layanan ini tarifnya paling mahal.

Port to Door
Jenis layanan cargo yang pelanggannya mengantar barangnya sendiri ke gudang atau kantor penyedia jasa. Kemudian oleh perusahaan barang diantar ke kota tujuan dan diantar ( delivery ) ke alamat yang dimaksud. Pelayanan ini agak sedikit memberatkan pelanggan, namun biasanya memiliki tarif lebih murah.

Port to Port
Jenis layanan ini paling murah, karena pelanggan mengantar sendiri barangnya ke gudang atau kantor, sementara itu di kota tujuan pelanggan juga mengambil sendiri barangnya tersebut di kantor perwakilan. Jadi, fungsi dari penyedia jasa ini hanya sebagai transportasi saja.

4.Spesialisasi


Spesialisasi juga salah satu faktor yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan pelanggan sebelum menentukan perusahaan jasa ekspedisi / cargo. Beberapa perusahaan penyedia jasa ekspedisi cargo mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transportasi tertentu. Misalnya khusus transportasi angkutan darat, transportasi khusus via kereta parcel, transportasi khusus kereta ekspres ataupun transportasi khusus via udara.

Ada juga beberapa perusahaan jasa cargo yang khusus sebagai spesialis rute-rute tertentu. Misalnya spesialis tujuan Jawa, tujuan Kalimantan, spesialis tujuan Yogyakarta dan lainnya. Ada juga perusahaan yang memiliki spesialisasi pengiriman untuk barang tertentu, seperti spesialisasi kirim mobil, spesialisasi kirim binatang, spesialisasi kirim sayuran, dan lain-lain.

Usahakan memilih jasa cargo yang memiliki spesialisasi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan hindarkan menggunakan jasa cargo yang melayani semua rute dan semua moda transportasi. Karena, biasanya perusahaan seperti ini adalah tipe perusahaan perantara, artinya, mereka tidak bekerja sendiri, tetapi hanya sebagai broker. Kecuali jika memang perusahaan tersebut adalah perusahaan penyedia jasa cargo yang memiliki moda berbagai transportasi yang lengkap.

Apabila kita menggunakan jasa cargo broker, maka bersiaplah untuk proses berbelit apabila terjadi masalah pengiriman di kemudian hari.

5. Harga


Harga adalah faktor penentu yang berhubungan dengan keempat faktor di atas. Pelanggan harus menganalisa secara seksama tentang kecepatan dan ketepatan waktu, jenis transportasi serta jenis pelayanan yang bagaimana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan juga budget atau anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin pelayanan via udara adalah yang paling baik. Sedangkan jika ingin melakukan efisiensi, maka cargo via darat dan kereta adalah jawabannya.

Dari kelima faktor di atas maka kita dapat menentukan dan memutuskan perusahaan penyedia jasa cargo mana yang akan kita pilih. Dan ada tambahan untuk bahan pertimbangan yang berhubungan nilai harga barang yang akan di kirim, pilihlah perusahaan penyedia jasa kargo yang benar-benar bonafit, terpercaya, pelayanan prima serta mempunyai spesialisasi untuk pengiriman barang seperti yang akan dikirim meskipun tarifnya mahal. Misalnya kita akan kirim mobil mewah, maka pilihlah perusahaan yang mempunyai spesialisasi pengiriman mobil dan mempunyai modal transportasi yang bagus khusus untuk membawa mobil mewah tersebut.

 


Back to top